Jumat, Desember 04, 2009

Setting DIR-855/DIR-825/DIR-655/DIR-685 dengan DWM-152/DWM-652

Seperti yang kita ketahui, D-Link mempunyai seri yang lengkap untuk wireless 802.11n router, mulai dari yang dual band : DIR-855 dan DIR-825, single band : DIR-655 dan DIR-615, sampai single-band + storage : DIR-685.

Untuk tipe DIR-855, DIR-825, DIR-655 dan DIR-685 mempunyai USB port (Note : DIR-615 tidak punya USB port) yang bisa berfungsi sbg WCN (Windows Connect Now), Shareport dan 3G Adapter. What?? 3G Adapter?? Benar, router-router tipe tsb bisa menggunakan 3G modem sbg WAN connectionnya.

Sekarang pertanyaannya 3G Modem yang mana yang bisa kompatibel dengan router2 tsb? Saat ini hanya D-Link 3G Modem saja yang kompatibel yaitu DWM-652 dan DWM-152 (Note : DWM-652 sudah EOL). Lalu pasti banyak yang bertanya "Apakah modem merk ini support? Apakah modem merk itu support?", jawabnya "Maaf, untuk merk lain belum ada rencana untuk disupport" :-). Bila anda punya 3G modem selain D-Link dan ingin disharing maka anda bisa gunakan DIR-451 yang kompatibel dengan banyak merk modem (daftar modem yang disupport oleh DIR-451 bisa download disini).

Sebelum anda setting Wireless-N Router anda, pastikan firmwarenya :

- DIR-855 : 1.20WWB04 atau yang lebih baru.
- DIR-825 : 2.01WWB03 atau yang lebih baru.
- DIR-655 : 1.30WWB02 atau yang lebih baru.
- DIR-685 : 1.00WWB05 atau yang lebih baru.

Pada tutorial kali ini dicontohnya menggunakan DIR-855 dan DWM-152 menggunakan operator IM2 Broom (Note : D-Link tidak punya kepentingan sales/marketing apapun dengan IM2, disini hanya sebagai contoh saja).

1. Masukkan SIM card ke DWM-152 dan plug ke DIR-855 (pastikan sebelumnya DIR-855 sudah menggunakan firmware 1.20WWB04 spt yang dijelaskan diatas) :





2. Login ke webUI-nya, lalu masuk menu USB Settings, lalu set "My USB Type is" ke 3G USB Adapter, lalu Save Settings.



3. Lalu ke menu Internet Setup, pilih Manual Internet Setup, set "My Internet Connection is" ke 3G USB Adapter, lalu set parameter yang diberikan oleh operator anda (anda juga bisa gunakan pre-defined setting dari beberapa operator di Indonesia yang sudah kami masukkan, namun ada baiknya jika anda double check lagi parameter2 ini untuk memastikan operator tidak melakukan perubahan parameter).





4. Setelah itu Save dan pilih Reboot Now.


5. Setelah up lagi maka router akan mulai mencoba koneksi dan bila sudah terhubung maka halaman Device Info akan seperti dibawah :



6. Selesai :-) Anda bisa gunakan koneksi 3G sbg WAN.

Mungkin ada pertanyaan :

1. Pada saat router menggunakan 3G sbg WAN, apakah WAN port bisa tetap digunakan?
Jawabnya : Tidak, router hanya bisa menggunakan 1 koneksi yaitu WAN port ATAU 3G

2. Apakah bisa fungsi WAN Failover (backup connection)?
Jawabnya : Tidak, ini berkorelasi dengan pertanyaan pertama, karena hanya ada 1 WAN maka otomatis tidak bisa failover. Bila membutuhkan failover maka anda bisa gunakan DIR-451.

3. Lalu apa gunanya 3G ini bila tidak bisa failover (backup connection)?
Jawabnya : Kami menambahkan fungsi ini pada Wireless-N Router ini karena ada banyak permintaan dari pengguna Wireless-N router ini yang ingin tetap bisa sharing internet pada saat koneksi utamanya down. Misalnya company A berlangganan koneksi cable, lalu down, namun mereka ingin tetap bisa koneksi, maka 3G ini bisa jadi solusi temporary.
Lalu ada juga yang ingin menggunakan kemampuan Wireless-N Router D-Link tapi koneksi cable/adsl belum ada diwilayahnya, jadi 3G ini bisa jadi solusi buat tipe user spt ini.
Namun ada juga yang ingin menggunakan 3G sbg koneksi utama namun ingin tetap menggunakan Wireless-N Router karena tidak membutuhkan fitur2 khusus spt WAN failover atau VPN yang ada di DIR-451.

6 komentar:

SMP Negeri 1 Salak mengatakan...

tolong dibantu ya...
ada switch dlink 1024d dan 10komputer. gimana cara agar 10 komputer tersebut dapat menggunakan internet dengan menggunakan fasilitas speedy.

makasih ya bos...

mohon dibalas dan dikirim ke email saya ya pak!

ochanbhancine@yahoo.com
ato
titink@live.com

D-Link Indonesia mengatakan...

To : SMP Negeri 1 Salak

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Dikarenakan anda menanyakan hal teknis yg tidak berhubungan dgn thread, saya pindahkan pertanyaan anda ke http://blog.dlink.co.id/2008/09/introduction.html

Tolong selanjutnya bila anda ada pertanyaan, posting di thread yang sesuai. Bila tidak ada yang sesuai maka silahkan posting disini : http://blog.dlink.co.id/2008/09/introduction.html

Yones mengatakan...

apakah dir 655 bisa menggunakan usb modem tipe evdo 162?

Apakah pengaruh penggunaan dlink yg dibeli diluar indonesia dengan jenis usb modem lokal?

Apabila belum mencolokan usb modem ke wireless modem apakah akan keluar setting 3gportny?

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Yones

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"apakah dir 655 bisa menggunakan usb modem tipe evdo 162?"

---> Kami sedang mengerjakannya. Namun belum dapat dipastikan kapan. Saat ini DWM-162R bisa digunakan dgn DIR-412 fw 1.08, bisa baca postingan ini : http://goo.gl/uJXZ

"Apakah pengaruh penggunaan dlink yg dibeli diluar indonesia dengan jenis usb modem lokal?"

---> Tidak ada selama kompatibel, tp perlu diingat, utk D-Link yang dibeli diluar Indonesia tidak mendapat garansi dan technical support dari distributor Indonesia maupun dari D-Link Indonesia. Ini sudah menjadi policy kami untuk melindungi distributor kami disini dari barang2 PI (Parallel Import).

"Apabila belum mencolokan usb modem ke wireless modem apakah akan keluar setting 3gportny?"

---> Bisa, anda tinggal ubah USB Setting di DIR-655 ke 3G, maka anda bisa menemukan settingan 3G di Internet Setup.

Mudah2an membantu

Ariyanto mengatakan...

bagaimana caranya install dmw-152 di linux Centos 5.x?? Tolong Penjelasannya. Thanks

iwan setiawan mengatakan...

saya barusan beli DIR-655 dan DWM-156, namun saya coba sesuai tutorial mengapa 3G tetap tidak bisa connect ya ?

DWM-156 saya coba connect ke PC, untuk internet berjalan lancar.

DIR-655 saya coba bat router dg WAN (LAN) berjalan normal.

NB : H/W:B1 F/W:2.05

Mohon masukannya