Rabu, November 05, 2008

Ayo Ganti Security Wireless Anda ke WPA/WPA2 !!

Wireless LAN (atau yang lebih populer disebut Wi-Fi) sudah sangat populer di Indonesia dan mungkin sekarang ini hampir disetiap rumah yang punya koneksi internet broadband menggunakan Wi-Fi, entah berupa wireless router atau hanya Access Point biasa saja. Belum lagi diperusahaan, mungkin hampir semua perusahaan yang mempunyai koneksi internet, pasti menggunakan Wi-Fi.

Namun pada umumnya masih menggunakan WEP sebagai security setting-nya (mungkin pernyataan saya tsb salah, well.. at least dari beragam pertanyaan yang masuk ke call center D-Link maupun yang langsung menanyakan ke saya, 95 percent memilih WEP sebagai pilihan security-nya).

WEP atau Wired Equivalent Privacy merupakan standar security pertama yang didefine oleh IEEE utk standar keamanan 802.11 pada tahun 1997. Selang beberapa tahun kemudian ditemukan berbagai kelemahan yang memungkinkan orang untuk mengetahui "key" yang digunakan.

Kemudian tahun 2003, Wi-Fi Alliance memperkenalkan WPA (Wi-Fi Protected Access) sebagai pengganti WEP, WPA ini didasarkan pada draft IEEE 802.11i yang sedang disusun oleh IEEE. Kemudian tahun 2004, IEEE secara resmi meratifikasi IEEE 802.11i sebagai standar keamanan untuk Wi-Fi. Sekarang ini IEEE 802.11i lebih dikenal dengan nama WPA2. WPA/WPA2 ini memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada di WEP. Adapun kelebihan WPA/WPA2 diantaranya menggunakan enkripsi TKIP/AES, Dynamic Session Keys, dan Automatic Distribution Keys.

WPA/WPA2 sempurna? Tunggu dulu :-) WPA/WPA2 dibagi menjadi 2 yaitu WPA/WPA2-Personal dan WPA/WPA2-Enterprise, bedanya yang Personal menggunakan Pre-Shared Key sbg "password"-nya sedangkan yang Enterprise menggunakan 802.1x dengan protocol EAP yang ada saat ini (misalnya EAP-TLS, EAP-TTLS, EAP-PEAP). Belakangan ini WPA/WPA2-Personal bisa di-"break" menggunakan metode dictionary attack atau brute force attack, namun ini terbatas pada Pre-Shared Key yang mudah ditebak, misalnya : abcd1234, 1234abcd, dan lain-lain (Kebanyakan pengguna di Indonesia menggunakan Pre-Shared Key yang mudah diingat, jadi hati-hati saja ;-) )

Sekarang masuk ke rekomendasi (atau lebih tepatnya "memaksa" --> untuk kebaikan jaringan anda tentunya :-D). Untuk perusahaan/enterprise sudah jelas, penggunaan WPA/WPA2-Enterprise menjadi suatu keharusan, jika infrastructure mendukung, SEGERA implementasi WPA/WPA2-Enteprise !!
Sedangkan untuk SOHO, bila masih menggunakan WEP, SEGERA ganti ke WPA/WPA2-Personal. Mengapa yang Personal? Karena lebih mudah disetting dan tidak membutuhkan Authentication Server. Untuk menghindari brute-force attack atau dictionary attack, dianjurkan untuk ganti Pre-Shared Key sebulan sekali (lebih baik seminggu sekali) dan gunakan Pre-Shared Key minimal 15 character dengan kombinasi huruf, angka dan symbol, contoh : "a#j@jia5*29((kdh2*jf!@3947qmvny%4**"

Semua D-Link Wireless Solution sudah mendukung WPA/WPA2, jadi tunggu apa lagi, ganti security anda ke WPA/WPA2 SEKARANG !!

16 komentar:

suma.mpow mengatakan...

dear D-Link
saya baru beli nih DIR-457 mohon bantu saya untuk langkah2 menyeting security wifi DIR-457 biar tidak bbisa di akses tetengga2 atw org2 yg tidak di kenal..tks

D-Link Indonesia mengatakan...

To : suma.mpow

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"saya baru beli nih DIR-457 mohon bantu saya untuk langkah2 menyeting security wifi DIR-457 biar tidak bbisa di akses tetengga2 atw org2 yg tidak di kenal"

---> Ada 2 cara, anda bisa set melalui D-Link Connection Manager dgn catatan DIR-457 diset sbg modem (tombol switch ke modem dan konek ke PC via USB port) atau cara lainnya, anda bisa akses ke IP defaultnya via web browser http://192.168.0.1 dgn catatan DIR-457 diset sbg router (tombol switch ke router dan konek ke PC via wireless).

Detailnya bisa baca di user manual : http://goo.gl/APLhe

Untuk via D-Link Conn Manager, ada di halaman 33 dan untuk via webUI ada di halaman 63.

Mudah2an membantu

البروج الفرح mengatakan...

Tim D-Link yth,

Bagaimana cara mengganti Pre-shared Key ?. Apakah tinggal menghapus yang lama kemudian diisi yang baru ?. Maaf, baru belajar. Terimakasih.

-Farhan-

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Farhan

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"Bagaimana cara mengganti Pre-shared Key ?. Apakah tinggal menghapus yang lama kemudian diisi yang baru ?."

---> Ya, anda tinggal masuk ke webUI router anda misalnya DIR-600, lalu masuk ke Manual Wireless Setup dan ganti pre-shared key dengan yang anda inginkan.

Mudah2an membantu

Az farhan nH mengatakan...

Wah, cepet banget responnya.. Terima kasih atas jawabannya.

Nanya lagi ; Sudah 2 tahun saya tidak pernah memanfaatkan wireless. Akses internet selama ini hanya dengan menggunakan kabel LAN ke laptop. Kemarin saya coba memanfaatkan wireless, kemudian saya masukkan security key-nya tapi gagal.

Terpikir oleh saya untuk mengganti WPA-PSK tersebut. Saya pakai D-Link 2640T.

Pertanyaannya ; apakah WPA-PSK bisa berubah sendiri dalam kurun waktu tertentu ?.

Terima kasih.
-Farhan-

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Az farhan nH

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"Pertanyaannya ; apakah WPA-PSK bisa berubah sendiri dalam kurun waktu tertentu ?."

---> Tidak, bila sudah disimpan maka pre-shared key tidak berubah, kemungkinan besar anda belum melakukan Save n Reboot dulu. How to set Wireless Security pada DSL-2640T bisa dilihat di tutorial yang bisa didownload disini : http://goo.gl/dfz1M

Mudah2an membantu

Bunga Bakung mengatakan...

Mau tanya. Gimana cara memunculkan wpa2-psk. Di laptop saya cuma ada pilihan wpa-psk saja. Mohon jawabannya. Trims

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Bunga Bakung

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"Gimana cara memunculkan wpa2-psk. Di laptop saya cuma ada pilihan wpa-psk saja. Mohon jawabannya."

---> Anda perlu cek OS yang anda gunakan apakah support WPA2 atau tidak, juga wireless card yang digunakan.

Mudah2an membantu

Dedi Jakarya Putra mengatakan...

dear D-Link
mau tanya nih,,,mungkin agak OOt dikit.
beda PPPoE sama PPPoA itu apa ya.
sekalian kalau kita ubah settingan MTU(defaultnya 1492) itu efeknya dmana??? thx sebelumnya

hmm mengatakan...

saya baru beli DSL-2640B - apakah router ini dapat di gunakan untuk membuat koneksi vpn

susy ayu lestari mengatakan...

Saya mau nanya caranya ganti password gimana yah? Saya sudah masuk ke 192.168.1.1 trus disuruh login. Saya isi username dan password nya admin kenapa gak bisa yah? Tolong bntuannya

rahmi fadhli mengatakan...

mp3 terbaru
mp3 terlengkap
mp3 dangdut

khayla bt mengatakan...

sya punya d link model DSL-2750e tapi setelah dipakai tidak bisa conect dari hp karena memakai security wep jadi bagaimana cara supaya hp sya bisa conect lagi??

Ari Indra mengatakan...

bagaimana cara untuk menyeting dan memberikan pasword di wifi, 1 laptop 1 pasword dan saat setiap mau masuk dan log in meminta pasword baru lagi . . . .????
tlong di bntu pencerhannya n smga dapat di mengerti.
trima kasih,

di tunggu kbrnya, Admin.

perangsang ampuh mengatakan...

infonya sangat mengena dengan apa yang selama ini menjadi pertanyaan saya. terima kasih banyak sudah berbagi selaput dara buatan

herman komputer mengatakan...

Bagaimana cara setting wps untuk modem dir 612