Jumat, September 12, 2008

Cara Men-setting DIR-451 dengan DWM-652

Seperti yang kita ketahui, D-Link sudah mengeluarkan produk 3G Router yaitu DIR-451 dan 3G Modem yaitu DWM-652. Banyak pertanyaan muncul, bagaimana menggabungkan 2 produk ini jadi satu agar dapat sharing koneksi 3G ke beberapa PC/User?

Berikut cara-nya :

1.Upgrade firmware DIR-451 minimal ke 1.02WWB0016 (1.02WW, Tue, 12 Feb 2008).













2. Pasang DWM-652 ke USB Converter dan pasang juga kabel USB yang disediakan dalam paket penjualan.

3. Lalu colok konektor USB Data (yang berwarna putih) pada DWM-652 ke port USB pada DIR-451.

4. Setelah semuanya selesai maka DIR-451 dan DWM-652 anda akan tampak seperti gambar berikut :

5. Hidupkan DIR-451, login ke dalam halaman konfigurasi DIR-451, kemudian pilih ”Manual Configure”.

6. Pilih Country ”Indonesia”.

7. Pilih ISP anda (dalam contoh ini, menggunakan XL* sebagai penyedia jasa 3G), parameter-parameter User Name, Password, Retype Password, Dial Number dan APN akan otomatis terisi sesuai dengan ISP anda.

Catatan : Khusus ISP IM2, anda harus memasukkan User name, Password dan Retype Password sesuai dengan yang diberikan oleh IM2 pada waktu anda mendaftar layanannya.

*Penggunaan ISP XL pada dokumen ini hanya semata-mata untuk contoh saja, D-Link tidak mempunyai kepentingan marketing atau sales apapun berkaitan dengan layanan 3G XL

8. Pilih Card ”DWM-652”.



9. Setelah semuanya selesai, Periksa kembali semua parameter yang telah anda masukkan. Lalu pastikan sinyal 3G dapat tertangkap dengan baik di daerah anda. Setelah itu klik ”Save Settings”.



10. Tunggu beberapa saat dan Klik ”Continue”.

11. Bila sinyal 3G di tempat anda tidak bagus maka layar berikut akan muncul, tunggu beberapa saat sampai selesai. Bila ada error ”Connection Failed” maka coba pindahkan router dan modem anda ke tempat lain untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik.

12. Bila sudah terkoneksi maka akan tampak seperti layar berikut :



83 komentar:

Nathaniel mengatakan...

Siang, mau tanya.
Kalau saya mau sambungkan DIR-451 ke 5 PC, tapi hanya 2 PC saja yang boleh konek ke internet, setingannya bgm ya? Lalu apa perlu set DHCP juga?

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Nathaniel

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"Kalau saya mau sambungkan DIR-451 ke 5 PC, tapi hanya 2 PC saja yang boleh konek ke internet, setingannya bgm ya? Lalu apa perlu set DHCP juga?"

---> Anda bisa gunakan fitur Network Filter dan Allow MAC address yg dilist, contoh :

http://img35.imageshack.us/img35/6523/dir451.jpg

Mudah2an membantu

Nathaniel mengatakan...

Wah terima kasih sekali atas respon cepatnya. :)

Nanti pulang kntr saya coba deh. Lalu DHCPnya apa perlu di set? Karena intinya sih saya mau 5 PC tersesbut tetap konek satu sama lainnya di dalam LAN. Namun hanya 2 yang bisa ke internet.

Kalau set DHCP, bgm dgn IPnya? Setau saya kan Provider 3G hanya kasih 1 IP? Tolong koreksi ya kalau saya salah. Terima kaish.

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Nathaniel

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"lalu DHCPnya apa perlu di set? Karena intinya sih saya mau 5 PC tersesbut tetap konek satu sama lainnya di dalam LAN. Namun hanya 2 yang bisa ke internet"

---> DHCP server tetap diset spt biasa karena masing2 PC butuh IP Address utk local communication.

"Kalau set DHCP, bgm dgn IPnya? Setau saya kan Provider 3G hanya kasih 1 IP?"

---> IP yang didapat dr operator akan diassign di WAN interface DIR-451 dan LAN merupakan private IP. Jadi LAN IP akan di-NAT utk ke WAN IP agar bisa ke internet.

Mudah2an membantu

Nathaniel mengatakan...

Pak, terima kasih, Network Filternya udah berhasil.

Saya mau tanya, kan saya di rumah pake signal booster, jd signal banyak. Tapi kenapa DIR-451 nya tiba2 suka mati ya link internetnya? Solusinya paling sering saya matiin power router terus idupin lagi. Itu karena apa ya? Karena kalo di DWM-652nya sih indikasi signalnya ada terus.

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Nathaniel

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"Saya mau tanya, kan saya di rumah pake signal booster, jd signal banyak. "

--> Maksudnya repeater signal GSM/3G?

"Tapi kenapa DIR-451 nya tiba2 suka mati ya link internetnya? Solusinya paling sering saya matiin power router terus idupin lagi. Itu karena apa ya? Karena kalo di DWM-652nya sih indikasi signalnya ada terus."

--> Pada saat kondisi "mati", bagaimana status WWAN yang ada di Status --> Device Info? Apakah down juga atau status tetap terkoneksi tapi browsing tidak bisa?

Kasus spt ini bisa disebabkan oleh beberapa hal :

1. Akses internet dari provider anda memang intermittent, banyak sekali kejadian dimana status terkoneksi dan bahkan ping ke internet sukses namun tidak bisa browsing, ini disebabkan karena kapasitas BTS provider yang tidak cukup lagi. Saya sendiri pernah mengalami kejadian ini dan setelah dicek sampai detail di BTS yg saya konek, kapasitas memang sudah overload.

2. Lainnya bisa disebabkan karena settingan WWAN anda diset ke Manual atau On-Demand, selalu set settingan WWAN ke Always-on. Masukkan Keep Alive Server adalah server Indonesia misalnya www.kompas.com dan www.detik.com.

3. Dikarenakan anda menggunakan signal booster/repeater, bisa jadi sinyal yg direlay/direpeat sangat lemah shg mempengaruhi kualitas link itu sendiri.

Anyway bila anda masih menggunakan firmware versi 1.0x maka saya sarankan untuk upgrade ke versi 1.20B25 yang bisa didownload di ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Firmware-Driver-Software/DIR-451_v1.20_b25_firmware.rar

Cara upgradenya : ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Manual-QIG/Cara%20Upgrade%20Firmware%20DIR-451.pdf
Perhatikan step-by-step pada dokumen itu untuk upgrading DIR-451

Mudah2an membantu

Adi mengatakan...

Sore mau tanya nih.

saya sudah beli D-link DIR 451 tapi saya mau koneksikan dengan sierra aircard 881u kok tidak bisa ya karena tidak ada pilihannya? dan apakah harus sinyal 3G yang bisa buat perangkat ini bekerja karena kadang di kartu?, saya menggunakan telkomsel unlimited terkadang hanya mendapat sinyal gprs. mohon informasi selengkapnya

salam,

adi

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Adi

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"saya sudah beli D-link DIR 451 tapi saya mau koneksikan dengan sierra aircard 881u kok tidak bisa ya karena tidak ada pilihannya?"

---> Sierra 881U belum disupport oleh DIR-451. Berikut daftar lengkap modem yang disupport oleh DIR-451 : ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Manual-QIG/D-Link%203G%20router%20DIR-450_%20451_ISP%20and%20Card%20list_20090223.xls

"dan apakah harus sinyal 3G yang bisa buat perangkat ini bekerja karena kadang di kartu?, saya menggunakan telkomsel unlimited terkadang hanya mendapat sinyal gprs."

---> Tidak mesti, DIR-451 itu router dimana WAN interfacenya menggunakan 3G Modem, jadi apa yang dia "alirkan" ke PC dibelakangnya sesuai dengan apa yang "dilihat" dan "didapat" 3G Modem.

Mudah2an membantu

Adi mengatakan...

Pak saya sudah pakai n bisa konek D-link DIR 451 dengan Huawei E220 selama ini lancar-lancar saja untuk koneksi internetnya namun untuk pancaran D-link DIR 451 ini kok payah ya sepertinya, saya beda ruangan sekitar 5 meter dari unit sinyalnya hanya dapat 2 bar. Tolong infokan bagaimana untuk memperkuat sinyal tersebut dan apakah harus mengganti antena bila diperlukan dan belinya dimana/
trims

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Adi

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"namun untuk pancaran D-link DIR 451 ini kok payah ya sepertinya, saya beda ruangan sekitar 5 meter dari unit sinyalnya hanya dapat 2 bar. Tolong infokan bagaimana untuk memperkuat sinyal tersebut dan apakah harus mengganti antena bila diperlukan dan belinya dimana"

---> DIR-451 yang masuk ke Indonesia adalah sesuai standar ETSI dimana diatur EIRP tidak boleh lebih dr 20 dBm. DIR-451 sendiri EIRP sekitar 16-18 dBm.

Range wireless tergantung posisi si router, posisi si receiver dan kontur ruangan (apakah banyak obstacles atau tidak), jadi beda tempat akan memberikan hasil yang lain.

Anda bisa coba optimalkan dgn :

1. Ubah posisi DIR-451 ke posisi yg kira2 lbh terbuka, diatas kepala manusia adalah posisi ideal

2. Jauhkan DIR-451 dari object2 spt Microwave dan Cordless Phone 2.4 GHz. Juga Cermin, Lemari kaca, dan benda2 lain yg bisa me-refleksikan sinyal.

3. Upgrade ke versi 1.20B25 yang bisa didownload di ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Firmware-Driver-Software/DIR-451_v1.20_b25_firmware.rar
Pada firmware terbaru kami juga mengupgrade wireless driver-nya ke versi yang lebih baru untuk menambah kestabilan.

Cara upgradenya : ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Manual-QIG/Cara%20Upgrade%20Firmware%20DIR-451.pdf

Perhatikan step-by-step pada dokumen itu untuk upgrading DIR-451

Bila memang semua cara itu, sinyal dirasakan masih kurang optimal, anda bisa membeli antenna external 5 dBi, misalnya ant24-0502 : ftp://public.dlink.co.id/Antenna/Datasheet/ANT24-0502%20Datasheet.pdf.

Untuk pembelian, anda bisa hubungi salah satu reseller kami di http://www.dlink.co.id/corporate/wheretobuy.asp

Mudah2an membantu

Hariyanto mengatakan...

Pak baru baru ini saya membeli d-link dir-541 dan DWM-652. Akan tetapi saya menemukan masalah yang sangat berarti. setiap kali saya mau masuk ke web dir-451(192.168.0.1) ketika log in, router tersebut selalu restart sendiri. saya sudah 1 kali mengirimkan ke toko yang saya beli disana. ketika dikembalikan kesini saya juga menemukan masalah yang sama. saya mau tanya selain fasilitas update firmware via web nya apakah ada cara lain update firmwarenya entah itu via usb atau cara lain. Karena saya udah lemas mao mengirimkan nya lagi butuh 3 minggu router bersangkutan kembali ketempat ku.

Untuk Dwm 652 tidak ada masalah.

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Hariyanto

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"router tersebut selalu restart sendiri. saya sudah 1 kali mengirimkan ke toko yang saya beli disana. ketika dikembalikan kesini saya juga menemukan masalah yang sama. saya mau tanya selain fasilitas update firmware via web nya apakah ada cara lain update firmwarenya entah itu via usb atau cara lain."

---> Coba anda lakukan spt ini :

1. Unplug DMW-652
2. Reset DIR-451 ke factory default (dengan menekan tombol reset dalam kondisi hidup selama 10-20 detik) lalu lepas, kemudian biarkan.
3. Set IP PC ke 192.168.0.100/255.255.255.0
4. Plug PC ke port 2
5. Kemudian akses http://192.168.0.1
6. Lalu login spt biasa dan upgrade firmware ke 1.20B25 yg bisa didownload di ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Firmware-Driver-Software/DIR-451_v1.20_b25_firmware.rar
7. Cara upgradenya : ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Manual-QIG/Cara%20Upgrade%20Firmware%20DIR-451.pdf
8. Ikuti langkah demi langkah dan jangan matikan router sebelum proses selesai (kembali ke halaman login)

Bila cara tsb tidak bisa, lalukan berikut :

1. Reset DIR-451 ke backup mode, yaitu tekan tombol reset dalam keadaan hidup, kemudian tahan selama 10 detik, lalu cabut power-nya, tombol masih dalam kondisi ditahan, lalu biarkan selama 5 detik, kemudian colok kembali power adapter, dgn masih tetap menahan tombol, kemudian tahan selama 10 detik, lalu lepas.
2. Set IP PC ke 192.168.0.100/255.255.255.0
3. Plug PC ke port 2
4. Kemudian akses http://192.168.0.1
Akan muncul halaman spt dibawah ini :
http://img190.imageshack.us/img190/9825/dir451backup.jpg
6. Download fw 1.20b25 di ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Firmware-Driver-Software/DIR-451_v1.20_b25_firmware.rar
7. Extract dan browse file itu
8. Diamkan sampai selesai dan jangan matikan router sebelum proses selesai (kembali ke halaman login)

Mudah2an membantu

DARK CLOUD mengatakan...

Boss, sy beli DIR300 di shenzhen china, mo ngerubah bahasa nya gimana boss. yg ada skrang dalam bahasa inggris atao bhs indonesia
trims

D-Link Indonesia mengatakan...

To : DARK CLOUD

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Tolong posting komentar/pertanyaan di thread yang sesuai, bila tidak ada yang sesuai maka anda bisa posting di thread ini : http://blog.dlink.co.id/2008/09/introduction.html

Saya akan jawab pertanyaan anda di thread tsb, anda bisa follow dari sana.

Mudah2an membantu

suyanto mengatakan...

Siang pak
saya rencana baru mau beli, tapi tanya tentang performanya dulu. router ini kalo harus nya 24 jam non stop dengan 5 client kira kira gimana ya ?

D-Link Indonesia mengatakan...

To : suyanto

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"saya rencana baru mau beli, tapi tanya tentang performanya dulu. router ini kalo harus nya 24 jam non stop dengan 5 client kira kira gimana ya ?"

---> Tidak masalah, DIR-451 bisa operate 24x7 tanpa ada masalah.

Mudah2an membantu

Yansen mengatakan...

Mau tanya juga nih pak,saya beli dir-451 di singapur,di saya pakai cuma modem saya pakai bandluxe hsdpa 7,2 di seting tidak ada,apa bisa saya masukan jenis yang tertera di list,dan satu lagi sering terjadi seperti sinyal dari dir-451 ini menghilang,kalo pakai kabael pun juga tidak konek,kadang saya mesti reset ulang ,bagaimana solusinya pak
terima kasih sebelumnnya

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Yansen

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"Mau tanya juga nih pak,saya beli dir-451 di singapur,"

---> Sebelumnya mohon maaf, blog ini hanya diperuntukkan untuk produk D-Link yang dibeli di Indonesia. Untuk produk diluar Indonesia, anda bisa email ke support@dlink.com.sg atau call ke (65)65014200

"di saya pakai cuma modem saya pakai bandluxe hsdpa 7,2 di seting tidak ada,apa bisa saya masukan jenis yang tertera di list,"

---> modem bandluxe yang disupport oleh DIR-451 adalah C100 dan C120. Jadi bila modem anda diluar kedua tipe itu, DIR-451 tidak mendukungnya. Kedua modem tsb bisa anda temukan bila anda set Country ke None, ISP ke None spt gambar berikut : http://img391.imageshack.us/img391/3979/dir451fwww103b0011.jpg, lalu setelah itu anda bisa masukkan parameter2 provider anda scr manual.

"dan satu lagi sering terjadi seperti sinyal dari dir-451 ini menghilang,kalo pakai kabael pun juga tidak konek,kadang saya mesti reset ulang ,bagaimana solusinya pak"

---> Sinyal apa yang anda maksud? Sinyal wireless? Bila ya, anda bisa upgrade ke fw 1.20B25 : ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Firmware-Driver-Software/DIR-451_v1.20_b25_firmware.rar

Cara upgradenya bisa didownload di ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Manual-QIG/Cara%20Upgrade%20Firmware%20DIR-451.pdf

Mudah2an membantu

symbalpecah mengatakan...

Siang, Mau tanya

Apakah di switch D-LINK DES 3528 ada fitur untuk setting vtp. Jadi jika saya p unya topologi trunking, cukup buat satu vlan saja di satu switch, maka switch yang lain secara otomatis akan tambah vlannya...

TErima kasih sebelumnya...

D-Link Indonesia mengatakan...

To : symbalpecah

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Tolong posting komentar/pertanyaan di thread yang sesuai, bila tidak ada yang sesuai maka anda bisa posting di thread ini : http://blog.dlink.co.id/2008/09/introduction.html

Saya akan jawab pertanyaan anda di thread tsb, anda bisa follow dari sana.

Mudah2an membantu

Free Zone mengatakan...

Saya Baru Beli Alat ALat Dibawah Ini :

- Mobile Router DIR-451
- IP Camera DCS-920
- Option GT Fusion + EMEA (IM2)

Kendala :
- Auto Reconnect gak bisa di enable klo di enable pasti ada peringatan
---------------------------------
Keep Alive Server 1:
Please Enter Another Domain
---------------------------------
Kenapa Ya ... ?

- Waktu di Connectkan Pada Tab Status Connection Failed Aja Padahal Auto Reconnectnya Udah Di Disable ???

Mohon Penjelasannya.

Salam Adjie

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Free Zone

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"- Auto Reconnect gak bisa di enable klo di enable pasti ada peringatan
---------------------------------
Keep Alive Server 1:
Please Enter Another Domain
---------------------------------
Kenapa Ya ... ?"

----> Anda menggunakan firmware versi berapa? Bila masih 1.02, anda bisa upgrade ke 1.03WWB0011, download disini ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Firmware-Driver-Software/DIR-451_v1.03_WW_B0011_firmware.zip

Cara upgradenya : ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Manual-QIG/Cara%20Upgrade%20Firmware%20DIR-451.pdf

"- Waktu di Connectkan Pada Tab Status Connection Failed Aja Padahal Auto Reconnectnya Udah Di Disable ???"

---> Bila connection-nya failed biasanya karena salah parameter2 operatornya atau modem-nya tidak kompatibel. Coba anda upgrade dulu lalu setting lagi dari awal.

Mudah2an membantu

Agoes mengatakan...

pak saya punya modem d-link dwm-652 tapi dulu pernah beroperasi, sekarang modem tersebut tidak bisa digunakan error 169 dan ada text " profile atau modem anda tidak tersambung."

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Agoes

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"saya punya modem d-link dwm-652 tapi dulu pernah beroperasi, sekarang modem tersebut tidak bisa digunakan error 169 dan ada text " profile atau modem anda tidak tersambung."

---> Apakah anda menggunakan DIR-451 bersama DWM-652? karena anda menuliskan pertanyaan di thread ini. Bila ya, firmware versi berapa yang digunakan pada DIR-451 anda?

Jika tidak, OS apa yang anda gunakan? Apa operator yang anda gunakan? Capture errornya dan upload ke http://imageshack.us

Mudah2an membantu

d'galaxy mengatakan...

Bos, mo nanya neh. ada pengaruhnya ke koneksi jaringan g bos setelah 2 speedy di gabung pake DI LB-604 trus dibagi pake 2 switch (DES-1024D dan DES 1016D)?

D-Link Indonesia mengatakan...

To : d'galaxy

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Dikarenakan anda menanyakan hal teknis yg tidak berhubungan dgn thread, saya pindahkan pertanyaan anda ke http://blog.dlink.co.id/2008/09/introduction.html

Tolong selanjutnya bila anda ada pertanyaan, posting di thread yang sesuai. Bila tidak ada yang sesuai maka silahkan posting disini : http://blog.dlink.co.id/2008/09/introduction.html

anndrei mengatakan...

maaf izin bertanya , apakah modem dlink dwm652 ada update driver untuk telfon ? , jika ada tolong beri saya link untuk mendownloadnya , trima kasih

D-Link Indonesia mengatakan...

To : anndrei

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"apakah modem dlink dwm652 ada update driver untuk telfon ?"

---> DWM-652 tidak support fungsi telephone, juga DWM-652 sudah EOL (End-Of-Life).

Mudah2an membantu

sormin mengatakan...

Malem pak,
list buat bandluxe c120 gak muncul tuh pak. adanya cuma c100. mohon bantuannya pak untuk setting dlink 451 dengan bandluxe c120

makasih

D-Link Indonesia mengatakan...

To : sormin

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"list buat bandluxe c120 gak muncul tuh pak. adanya cuma c100. mohon bantuannya pak untuk setting dlink 451 dengan bandluxe c120"

---> C120 hanya muncul jika Country diset ke None dan ISP juga diset ke None. Lalu anda isikan sendiri parameter2 Provider anda.

Berikut contoh di firmware 1.03WWB0011 : http://img195.imageshack.us/img195/3979/dir451fwww103b0011.jpg

Bila firmware anda masih 1.02, anda bisa upgrade ke 1.03, caranya : ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Manual-QIG/Cara%20Upgrade%20Firmware%20DIR-451.pdf

Firmware 1.03 bisa didownload di ftp://public.dlink.co.id/Internet%20Gateway/DIR-450-451/Firmware-Driver-Software/DIR-451_v1.03_WW_B0011_firmware.zip

Mudah2an membantu

sormin mengatakan...

terima kasih bos... firmwire udah upgrade dan menu c120 dah muncul. Tapi pas di coba koneksi ke internet masih belum bisa nih bos... mohon pencerahannya....

D-Link Indonesia mengatakan...

To : sormin

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"firmwire udah upgrade dan menu c120 dah muncul. Tapi pas di coba koneksi ke internet masih belum bisa nih bos"

---> Pastikan SIM Card anda tidak diberi PIN. Lalu pastikan parameter2nya juga benar.

Bila masih belum bisa, coba enable log : http://img251.imageshack.us/img251/2194/enablelog.jpg

Lalu kirim log-nya ke blog-support@dlink.co.id

Mudah2an membantu

sormin mengatakan...

Terima kasih nih pak DLINK 451 saya sudah jalan dengan Bandluxe c120 nya.

tapi ada satu lagi nih bos yg mengganjal, koneksinya putus2 terus, padahal posisi tidak ada pembatas... kira2 saya harus set apanya ya???

mohon pencerahannya bos...

D-Link Indonesia mengatakan...

To : sormin

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"tapi ada satu lagi nih bos yg mengganjal, koneksinya putus2 terus, padahal posisi tidak ada pembatas... kira2 saya harus set apanya ya???"

---> Koneksi apanya yang putus2? Bila koneksi internet-nya, coba anda cek apakah status WAN-nya disconnect atau hanya internetnya yang tidak bisa.

Bila status WAN-nya disconnect maka anda bisa log-nya utk melihat apa yang terjadi.

Bila internet-nya yang tidak bisa sementara WAN tetap dalam status connected maka ini masalah kapasitas operator anda.

Hal lain juga bisa disebabkan oleh sinyal yang kurang bagus. Modem bila diplug ke 3G router tidak akan menerima sinyal yang sama dengan bila modem diplug ke PC/Laptop Windows, kenapa? karena masalah driver. Driver utk windows dioptimasi sedemikian rupa shg receiving signal-nya lbh bagus, sementara DIR-451 adalah linux-based.

Mudah2an membantu

sormin mengatakan...

wan nya yg sering putus..
log nya bisa di cek di mana ya bos..??
Ada best practice untuk setting best perfomance nya gak ya???
Maaf nih bos banyak pertanyaannya.. saya pengguna baru..

D-Link Indonesia mengatakan...

To : sormin

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"wan nya yg sering putus..
log nya bisa di cek di mana ya bos..??"

---> Saya pernah jelaskan cara menyimpan log di komentar sebelumnya, saya copy paste lg kesini :

Bila masih belum bisa, coba enable log : http://img251.imageshack.us/img251/2194/enablelog.jpg

Lakukan sampai langkah ke 4. Lalu DIR-451 akan reboot, dan biarkan DIR-451 anda bekerja dan bila disconnect berkali2 biarkan. Lalu setelah dirasakan cukup disconnect berkali2-nya, anda kembali ke halaman yang sama, lalu pada pilihan Save Log File to Local Hard Drive, anda tekan Save, lalu simpan sbg file. Tolong anda lakukan ini menggunakan Firefox.

"Ada best practice untuk setting best perfomance nya gak ya??"

---> Settingan defaultnya sudah optimal.

Coba anda capture settingan WAN anda lalu upload ke http://imageshack.us dan posting URL-nya disini.

Mudah2an membantu

utak-atik mengatakan...

saya mau bertanya,
rencana mau beli DIR-451 digunakan untuk hotspot, biar Wireless Operating Range outdoor sampe bisa 1000 meters, perlu disetting/diganti dengan antena type apa? krn setahu saya standar radius Wireless Operating Range outdoor 400 meters saja. mohon pencerahannya, terima kasih..

D-Link Indonesia mengatakan...

To : utak-atik

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"rencana mau beli DIR-451 digunakan untuk hotspot, biar Wireless Operating Range outdoor sampe bisa 1000 meters, perlu disetting/diganti dengan antena type apa?"

---> Ini hal yang mustahil, kenapa? Kita kembali lagi ke teori basic dari Wifi. Dalam teknologi wifi ada istilah transmit power, EIRP dan receiver sensitivity.
EIRP adalah total transmit power + gain antenna minus loss.

Sekarang lihat analogi berikut : si Tono ada diatas gedung bertingkat 10 lantai. si Jono ada dikejauhan 1 km dr situ.
Kemudian Tono teriak "Jonnnoooooooo", apakah si Jono akan mendengar? Tentu saja tidak.
Sekarang kita berikan Tono alat bantu yaitu speaker dan microphone dgn kekuatan tinggi, lalu dia kembali berteriak "Jonnnooooo". Pada kondisi ini si Jono jelas mendengar dgn baik. Lalu si Jono teriak balik "Yaaaaaaaa", si Tono tidak akan mendengar karena "kuping"-nya tidak sangat sensitive dan "power" teriakan si Jono jg lemah.

Tono adalah Access Point. Speaker dan microphone adalah high gain antenna. Jono adalah Laptop. Kuping si Tono adalah receiver sensitivity.

Jadi penambahan antenna di sisi transmitter dalam hal ini DIR-451, mau sebesar apapun, paling banter hanya menghasilkan sinyal yg bisa di"dengar" oleh si Laptop dalam area hotspot itu. Sementara Laptop tidak bisa menjangkau si AP krn power laptop rata2 kecil (hanya 15-20 dBm) dan "telinga" si AP itu tidak sensitive utk mendengar "bisikan" si Laptop dr kejauhan.

Mudah2an membantu

utak-atik mengatakan...

Terima kasih atas pencerahannya, sangat membantu sekali...

D-Link Indonesia mengatakan...

To : utak-atik

"Terima kasih atas pencerahannya, sangat membantu sekali"

---> Sama2. Tetap selalu gunakan produk2 D-Link :-)

nandorogabe mengatakan...

Siang , saya mau tanya.
kemarin saya beli modem DWM 652. saya pasang di PC,bisa digunakan. tapi ketika saya coba pasang di laptop, tidak bisa di install. di laptop tidak muncul drive untuk installnya. begitu juga dengan modem DWM 152 yang saya beli. ketika saya coba di laptop saya,bisa di install, tapi ketika saya coba install PC, tidak bisa digunakan. saya pakai windows XP sp2. mohon bantuannya . terimakasih pak

D-Link Indonesia mengatakan...

To : nandorogabe

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Dikarenakan anda menanyakan hal teknis yg tidak berhubungan dgn thread, saya pindahkan pertanyaan anda ke http://blog.dlink.co.id/2008/09/introduction.html

Tolong selanjutnya bila anda ada pertanyaan, posting di thread yang sesuai. Bila tidak ada yang sesuai maka silahkan posting disini : http://blog.dlink.co.id/2008/09/introduction.html

Widiatmoko mengatakan...

Saya rencana membeli switch dlink, apa perbedaan L2 gigabit & L3 gigabit (intinya beda L2 dan L3) dari segi fitur dan kinerja. Rencana kantor saya akan membeli 4 bh DGS-3627 tapi kalau fiturnya sama dengan yg type L2 gigabit kenapa sy harus memilih DGS-3627? yg lbh mahal. Lalu di semua type L2 gigabit yg terdapat fitur loopdetect yg mana? trimakasih sebelumnya. mohon dijawab secepatnya

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Widiatmoko

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Dikarenakan anda menanyakan hal teknis yg tidak berhubungan dgn thread, saya pindahkan pertanyaan anda ke http://blog.dlink.co.id/2008/09/introduction.html

Tolong selanjutnya bila anda ada pertanyaan, posting di thread yang sesuai. Bila tidak ada yang sesuai maka silahkan posting disini : http://blog.dlink.co.id/2008/09/introduction.html

realweb mengatakan...

Gemana cara setting router
Game sudah onlines tp gak bisa create server
Saya sudah mencari di google, dan sudah coba semua settingannya tp gak bisa create untuk dotanya , mohon solusinya...

Saya juga mohon forwardkan ke email : realweb_id@yahoo.com
thanks

realweb mengatakan...

Maaf rouernya lupa saya sebut
Router yang di gunakan DIR-615
Terima kasih

D-Link Indonesia mengatakan...

To : realweb

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Dikarenakan anda menanyakan hal teknis yg tidak berhubungan dgn thread, saya pindahkan pertanyaan anda ke http://blog.dlink.co.id/2010/04/tanya-jawab-versi-2.html

Tolong selanjutnya bila anda ada pertanyaan, posting di thread yang sesuai. Bila tidak ada yang sesuai maka silahkan posting disini : http://blog.dlink.co.id/2010/04/tanya-jawab-versi-2.html

Yudi Supriadi mengatakan...

Selamat Siang,
Saya punya Modem CDMA Verizon PC5750 EVDO Mau di pasang pada DIR-451 Bisa ga yah? kalo bisa Gimana caranya?

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Yudi Supriadi

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"Saya punya Modem CDMA Verizon PC5750 EVDO Mau di pasang pada DIR-451 Bisa ga yah? kalo bisa Gimana caranya?"

---> DIR-451 tidak support CDMA Modem. Yang support CDMA itu DIR-450 dan support PC5750.

Mudah2an membantu

SisoeHas Mind mengatakan...

saya baru membeli switch D-link DES 1016D, bagaimana setup via web base-nya ya, karena di manual book-nya gak ada info IP ma user dan password, saya coba scan ip yg didapat 127.0.0.1, bisa bantu saya pak?

D-Link Indonesia mengatakan...

To : SisoeHas Mind

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Dikarenakan anda menanyakan hal teknis yg tidak berhubungan dgn thread, saya pindahkan pertanyaan anda ke http://blog.dlink.co.id/2010/04/tanya-jawab-versi-2.html

Tolong selanjutnya bila anda ada pertanyaan, posting di thread yang sesuai. Bila tidak ada yang sesuai maka silahkan posting disini : http://blog.dlink.co.id/2010/04/tanya-jawab-versi-2.html

stevi mengatakan...

saya punya AP D-LINK DWL G700AP, bagaimana cara seting sebagai repaeter, routernya ADSL merk TP LInk TD W8101G. kalo di routernya sistemnya open bagaimana seting repeaternya?

D-Link Indonesia mengatakan...

To : stevi

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Dikarenakan anda menanyakan hal teknis yg tidak berhubungan dgn thread, saya pindahkan pertanyaan anda ke http://blog.dlink.co.id/2010/04/tanya-jawab-versi-2.html

Tolong selanjutnya bila anda ada pertanyaan, posting di thread yang sesuai. Bila tidak ada yang sesuai maka silahkan posting disini : http://blog.dlink.co.id/2010/04/tanya-jawab-versi-2.html

sagt mengatakan...

Selamat Pagi Tim DLink.
Saya sudah membeli DIR-451 (firmware versi 1.21), dengan modem GSM Huawei E220 dan provider 3 hutchinson.

Settingannya sbb:

APN : 3data
user : 3data
pass : 3data
dial : *99#
Auth Protocol : CHAP only
Yang lain tetap default.
Saya test WWAN sbg primary connection.

Problemnya adalah WWAN selalu putus nyambung. Connect setelah beberapa saat(bahkan detik) disconnect lagi.

Karena penasaran saya coba via laptop, dan koneksi anteng-anteng saja.

Mohon solusinya, settingan apa yang harus saya optimalisasi?

D-Link Indonesia mengatakan...

To : sagt

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"Saya sudah membeli DIR-451 (firmware versi 1.21),"

---> Maaf, firmware yg anda gunakan tepatnya 1.21Bxx, xx brp?
Latest firmware adalah : 1.21B30 (bisa didownload di : http://goo.gl/ef0U)

"dengan modem GSM Huawei E220 dan provider 3 hutchinson."

---> Maaf, dikarenakan E220 ini terus menerus berganti firmware, firmware E220 yang anda gunakan skrg versi brp?

"Problemnya adalah WWAN selalu putus nyambung. Connect setelah beberapa saat(bahkan detik) disconnect lagi."

---> Coba add keep alive servernya ke server lokal misalnya www.cbn.net.id dan www.kompas.com dan pastikan connection mode ke Always-On.

Mudah2an membantu

sagt mengatakan...

---> Maaf, firmware yg anda gunakan tepatnya 1.21Bxx, xx brp?
Latest firmware adalah : 1.21B30 (bisa didownload di : http://goo.gl/ef0U)

jwb: versi firmware sudah update 1.21B30.

---> Maaf, dikarenakan E220 ini terus menerus berganti firmware, firmware E220 yang anda gunakan skrg versi brp?

jwb: Firmware version= 11.117.09.04.00
Hardware version = CD33TCPU

---> Coba add keep alive servernya ke server lokal misalnya www.cbn.net.id dan www.kompas.com dan pastikan connection mode ke Always-On.

jwb: sudah saya coba modem gsm huawei E220 koneksinya tetap putus-putus.

Hatur nuhun replaynya, saya tunggu responnya.

D-Link Indonesia mengatakan...

To : sagt

Terima kasih atas update anda.

"jwb: Firmware version= 11.117.09.04.00
Hardware version = CD33TCPU"

---> Terima kasih atas informasi ini, saya akan double check dgn RnD kami.

"jwb: sudah saya coba modem gsm huawei E220 koneksinya tetap putus-putus."

---> Nampaknya harus dilakukan debug lebih lanjut, mohon bantuannya untuk mengisi form berikut : http://goo.gl/h5U6

Note : point no.3 adalah yang terpenting, anda bisa gunakan Kiwi Syslog Server : http://goo.gl/TEt8

Tolong kirimkan semua informasi berikut ke blog-support@dlink.co.id

Mudah2an membantu

Min Hui mengatakan...

saya pengguna dir 451 ,pertanyaan saya adalah apakah dir 451 bisa di tambah jangkauan wifinya dengan reapeter dgn sistem wds , bagaimana cara seting mac address reapeter di dir 451 ,

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Min Hui

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"saya pengguna dir 451 ,pertanyaan saya adalah apakah dir 451 bisa di tambah jangkauan wifinya dengan reapeter dgn sistem wds , bagaimana cara seting mac address reapeter di dir 451"

---> DIR-451 tidak support WDS maupun WDS Repeater.

Bila anda ingin menambah jangkauan, ada 2 option yang paling mudah :

1. Ganti antenna ke antenna yang gain-nya lebih besar misalnya ANT24-0502 atau ANT24-0700C
2. Gunakan universal repeater spt DAP-1360. Jadi DAP-1360 hanya repeat signal DIR-451 dan di sisi DIR-451 tidak perlu disetting apa2, hanya perlu set repeater di sisi DAP-1360 saja.

Mudah2an membantu

thomas mengatakan...

bisakah router DIR-451 dengan DWM-652 ini menjadi server upload cctv online untuk menggantikan koneksi internet kabel????

D-Link Indonesia mengatakan...

To : thomas

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"bisakah router DIR-451 dengan DWM-652 ini menjadi server upload cctv online untuk menggantikan koneksi internet kabel????"

---> Bisa saja selama provider 3G anda memberikan Public IP dan incoming access scr full. Namun upload 3G biasanya lebih parah dibandingkan dgn ADSL/Cable Modem karena biasanya kapasitas BTS operatornya memang kecil juga.

FYI : DIR-451 dan DWM-652 sudah EOL, anda bisa gunakan DIR-412 dan DWM-152.

Mudah2an membantu

ojakartos mengatakan...

Saya Punya Alat ALat Dibawah Ini :

- Mobile Router DIR-451 Firmware Versi Firmware Version: 1.02_WW
- Express Card ZTE MF330
- Sim Card (IM2)
- conection melalui LAN ke PC

Kendala :Saya Tidak pernah berhasil koneksi internet, untuk settingan provider sudah benar user & passwordnya.

setiap saya conect succes tetapi tidak muncul ip address provider dan tidak ada sinyalnya

hasilnya untuk konek internet saya tidak berhasil.
mohon bantuannya. terima kasih.

D-Link Indonesia mengatakan...

To : ojakartos

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"- Mobile Router DIR-451 Firmware Versi Firmware Version: 1.02_WW"

---> Firmware terbaru dari DIR-451 adalah versi 1.21, coba anda upgrade dulu ke versi tsb.

Berikut step-by-step-nya :

1. Karena fw anda msh 1.02, upgrade ke versi 1.20B25, download disini : http://goo.gl/l975b
Cara upgradenya bisa dibaca disini : http://goo.gl/3LWT9
2. Setelah selesai, reset to factory default via menu Tools --> System
3. Lalu login kembali, kemudian upgrade ke versi 1.20B26, download disini : http://goo.gl/TDDee
4. Setelah selesai, kembali reset to factory default via menu Tools --> System
5. Lalu login kembali, kemudian upgrade ke versi 1.20B32, download disini : http://goo.gl/9BMYH
6. Setelah selesai, kembali reset to factory default via menu Tools --> System
7. Lalu login kembali, kemudian upgrade ke versi 1.21B30, download disini : http://goo.gl/ef0U
8. Setelah selesai, kembali reset to factory default via menu Tools --> System
9. Kemudian baru pasang card anda dan setting kembali.

Anda harus ikuti cara2 tsb satu per satu agar firmware terupgrade dgn sempurna karena firmware yang anda gunakan skrg sudah out-of-date.

Note : pada firmware 1.21, port LAN 1 TIDAK bisa digunakan sbg LAN Port lagi karena itu sudah diubah menjadi WAN port, anda bisa refer ke user manual terbaru : http://goo.gl/hQIC3

Bila masih tidak bisa, mohon bantuannya untuk mengisi form berikut : http://goo.gl/h5U6
Juga tolong informasikan driver version dari ZTE MF330 anda.

Note : point no.3 adalah yang terpenting, anda bisa gunakan Kiwi Syslog Server : http://goo.gl/TEt8

Tolong kirimkan semua informasi berikut ke blog-support@dlink.co.id

Mudah2an membantu

ojakartos mengatakan...

Terima kasih atas jawaban dan responnya, sangat memuaskan.


---> Firmware terbaru dari DIR-451 adalah versi 1.21, coba anda upgrade dulu ke versi tsb.

Jawab:
Sebelum jawaban ini turun saya sudah melakukan upgrade firmware ke versi 1.21B30 tanpa menggunakan step2 yang bapak berikan, karna sebelumnya saya tidak tahu harus melakukan step2 tersebut.

Pertanyaan:
Bisakah saya melakukan reset mengembalikan ke firmware versi semula/ada saran yg lain.

-->Juga tolong informasikan driver version dari ZTE MF330 anda.

Jawab:
Name : H600 HSDPA/UMTS/GPRS/ADSM
Type : MF330
Code : OTDEDCDEDE0002
EngineVersion=11.50.0.42618
ONDA Diagnostics Interface 6000

Terima kasih atas Respon & Jawabannya.

D-Link Indonesia mengatakan...

To : ojakartos

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"Bisakah saya melakukan reset mengembalikan ke firmware versi semula/ada saran yg lain."

---> Bila sudah terlanjur, anda bisa kembalikan ke 1.20B32 dulu lalu upgrade lagi ke 1.21B30

"Name : H600 HSDPA/UMTS/GPRS/ADSM
Type : MF330
Code : OTDEDCDEDE0002
EngineVersion=11.50.0.42618
ONDA Diagnostics Interface 6000"

---> Terima kasih atas informasinya. Lalu bagaimana hasilnya dgn fw 1.21B30? Bila masih belum bisa tolong kirimkan informasi yang saya minta sebelumnya.

Mudah2an membantu

D-Link Indonesia mengatakan...

Update To : ojakartos

Terima kasih atas update informasinya.

Pada data yang anda berikan terlihat Card terdeteksi dan disconnect terus menerus. Kemungkinan ada 2 hal, firmware ZTE MF330 menggunakan versi terbaru shg tidak disupport oleh DIR-451 atau kedua port PCMCIA-nya failure.

Kami akan check dengan RnD kami. Akan kami update sesegera mungkin.

Mudah2an membantu

aneka-permata.com mengatakan...

saya memiliki dlink ADSL 520B, seting semua sudah benar,
vpi/vci 0/35
LLC

tapi tetap tidak bisa konek.
sudah coba
vpi/vci 8/81 dan LLC (test pakai VC juga sama) tetap tidak konek.

saya memakai 3 buah adsl merk 3C** dan hua*** dengan vpi/vci 0/35
LLC jalan dengan baik di ketiganya.

kira2 setingan apa yang kurang?
padahal semua lampu indikator dsl lan, power dan status meyala. (lampu status nyala kedip2)

D-Link Indonesia mengatakan...

To : aneka-permata.com

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Dikarenakan anda menanyakan hal teknis yg tidak berhubungan dgn thread, saya pindahkan pertanyaan anda ke http://blog.dlink.co.id/2010/04/tanya-jawab-versi-2.html

Tolong selanjutnya bila anda ada pertanyaan, posting di thread yang sesuai. Bila tidak ada yang sesuai maka silahkan posting disini : http://blog.dlink.co.id/2010/04/tanya-jawab-versi-2.html

RyoTry mengatakan...

Pagi, sy mau tanya... saya punya USB modem D-Link type DWM-152, sebelumnya file firmwarenya ver.1.1.13.103 kemudian saya upgrade ke ver.1.1.16.103 namun setelah di upgrade justru saya merasa perubahan yang buruk terhadap kestabilitasan sinyalnya walaupun tampilan bar signal full dan display bandwidenya berubah-ubah dari HSDPA ke WCDMA terus-menerus. Kemudian saya upgrade kembali ke ver.1.1.17.103 namun hasilnya tetap sama, lagian pula setting default profilenya tidak cocok dengan apn kartu dari providernya (sy pakai kartu simpati jadi harus di set ulang tidak seperti ver yg sebelumnya langsung tancap install dan konek).

Pertanyaan saya kenapa setelah di upgrade firmwarenya bukannya tambah bagus kinerjanya malah tambah buruk? Bagaimana caranya supaya saya dapat menggunakan lagi file firmware ver.1.1.13.103 karena menurut saya file bawaannya tsb justru lebih stabil. Kalo ada file yg ver.1.1.13.103 agar di share dan di kirim ke haryotry@yahoo.com.
Terimakasih...

D-Link Indonesia mengatakan...

To : RyoTry

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Dikarenakan anda menanyakan hal teknis yg tidak berhubungan dgn thread, saya pindahkan pertanyaan anda ke http://blog.dlink.co.id/2010/04/tanya-jawab-versi-2.html

Tolong selanjutnya bila anda ada pertanyaan, posting di thread yang sesuai. Bila tidak ada yang sesuai maka silahkan posting disini : http://blog.dlink.co.id/2010/04/tanya-jawab-versi-2.html

Ariya mengatakan...

Saya membeli 2 buah alat dlink, dir 451 dan dir 450.Yg saya tanyakan untuk dir-450 dns replay dhcp sepertinya tidak berfungsi, karena septiap kali client terhubung dengan router ini kalo dns di client tidak diisi manual maka tidak akan bisa browsing. Sebagai catatan saya selalu menggunakan firmware terbaru dari ftp://public.dlink.co.id

D-Link Indonesia mengatakan...

To : Ariya

Terima kasih atas pertanyaan anda.

"Yg saya tanyakan untuk dir-450 dns replay dhcp sepertinya tidak berfungsi, karena septiap kali client terhubung dengan router ini kalo dns di client tidak diisi manual maka tidak akan bisa browsing. Sebagai catatan saya selalu menggunakan firmware terbaru dari ftp://public.dlink.co.id"

---> Firmware versi brp yang anda gunakan untuk DIR-450? Pada ftp kami hanya tersedia firmware versi 1.20B23 untuk DIR-450. Kirimkan output dr URL ini http://192.168.0.1/chklst.txt (dgn asumsi anda belum mengubah LAN IP-nya)

Lalu EVDO modem (beserta versi firmware modemnya) dan operator apa yang anda gunakan?

Mudah2an membantu

dony mengatakan...

Mas review DIR-450 doong...!
DIR-450 sudah support dengan modem ZTE2726i belum?
Dimana saya bisa mendapatkan DIR-450 dan harga pasarannya berapa?
Terimakasih Mas

Roychah mengatakan...

saya pemakai USB modem Dlink DWM 162R,ketika mau update firmware terjadi kegagalan, akhirnya software bawaan modem nggak bisa mendeteksi modem. Gimana troubleshotnya?

fatur mengatakan...

kalau HUB D-Link lampu indikator nya kedip mulu gmn ya ??

padahal saya ga masukin port rj-45 nya,,

mohon bantuannya :(

richard palinggi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
richard palinggi mengatakan...

mau nanya nih.
kenapa lampu indikator pada switch saya nyala sambil kedip-kedip,
padahal kabel port 6 & 7 belum di colok..

xax mengatakan...

bagaimana cara merubah router ini (dir-451.red)hanya menjadi Access point?

attanid.com mengatakan...

bagaimana caranya supanya dir 600 jadi acces point saja

attanid.com mengatakan...

saya ingin menhubungkan dir 600 dengan hub yang sudah terkoneksi dengan internet bagaimana caranya suapaya dir 600 jadi acces point saja .... karna saat dir 600 saya hubungkan dengan hub bisa ... tapi internetnya malah tidak bisa .........

dimmy mengatakan...

gan mau tanya dong ,, kan saya pake dlink dir-600l dia internet nya terhubung dari mikrotik ip internet dlink udah saya set statik ,, konek sih semuanya lancar ,,tpi masalah nya dlink nya ga busa saya ping dari mikrotik ,,itu gimna ya setting dlink nya biar bisa saya ping dari mikrotik ,, makasih sebelumnya

Oyan Smile mengatakan...

slmat siang gan..
mau tanya gan, saya punya modem dlink dsl-2730e sudah saya pakai 3 bulan tapi sekarang sudah tidak bisa dipakai karena lampu indikator nyala merah, jadi kalo kabel adsl ta sambungkan pasti lampu indikatornya nyala merah klo ta cabut ga nyala merah, gmn ya biar mdemnya bs dipaki lg dan modemny ga error.. trims

PPI_Kota_Sukabumi mengatakan...

Selamat Siang,,
numpang tanya, kalo cara buat dapetin ip pablic seperti apa ya?? apa bisa di setting lewat D-Link terimakaih..